Loader
Melangkah di Jalan Tengah by Gede Agustapa - Chandra Shakti | Personal Blog Untuk Berbagi Hal Positif
pondasi jalan, pondasi dasar, gede agustapa, budaya, budidaya, spiritual, Chandra Shakti TV
pondasi jalan, pondasi dasar, gede agustapa, budaya, budidaya, spiritual, Chandra Shakti TV
17943
post-template-default,single,single-post,postid-17943,single-format-standard,theme-bridge,bridge-core-2.7.8,woocommerce-no-js,qodef-qi--no-touch,qi-addons-for-elementor-1.2.2,qode-page-transition-enabled,ajax_fade,page_not_loaded,,columns-4,qode-theme-ver-26.3,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.6.0,vc_responsive,elementor-default,elementor-kit-1

Melangkah di Jalan Tengah by Gede Agustapa

Melangkah di Jalan Tengah by Gede Agustapa

Di satu sisi kita mesti berkerja, berpikir, menjalin hubungan, berinteraksi, melakukan ini dan itu untuk bertahan hidup. Seolah-olah semua ini nyata dan solid.

Di sisi lain kita mesti melihat bahwa kita setiap saat bisa lenyap, bisa mati, begitu juga dengan orang yang terhubung dengan kita dan segala sesuatu yang kita miliki yang kita kumpulkan melalui kerja keras bisa hancur, bisa lenyap, menjadi puing-puing dan menguap entah kemana.

Yang pernah mengalami kematian orang yang disayangi dan dicintai pasti dapat merasakan ini. Apalagi kalau jasad yang disayanginya itu dikremasi, menjadi abu, kemudian dibuang ke laut. Semua lenyap dalam seketika. Tidak ada jejak, tidak ada batu nisan. Akan muncul pertanyaan; ``apa semua ini?``
Tapi kita harus tetap hidup. Tetap menjalani hidup. Tetap bekerja untuk bertahan hidup. Tetap berjuang untuk dapat melayani dan menyayangi kehidupan. Meskipun kita tau semuanya sedang hancur dan lenyap. Menerima kepalsuan itu di saat yang sama kita menerima yang sejati. Ini lah jalan tengah.

Walau pun terpesona memandang kekasih kita yang cantik, atau yang tampan, memandang anak-anak kita yang lucu, atau memandang wajah dan tubuh kita yang indah, tapi juga harus melihat dengan jelas mereka sedang terurai menjadi puing-puing, menjadi debu. Dengan begitu kita melihat lebih dalam dari sekedar apa yang tampak. Ini lah melihat yang kosong.

Dengan cara yang seperti ini semestinya kita melangkah menjalani kehidupan supaya terbebas dari kesedihan, terbebas dari kekhawatiran, terbebas dari rasa takut berlebihan. Melangkah di jalan tengah.

Original Post by Gede Agustapa

No Comments

Post A Comment

Translate ยป