Loader
Pondasi Jalan by Gede Agustapa - Chandra Shakti | Personal Blog Untuk Berbagi Hal Positif
pondasi jalan, pondasi dasar, gede agustapa, budaya, budidaya, spiritual, Chandra Shakti TV
pondasi jalan, pondasi dasar, gede agustapa, budaya, budidaya, spiritual, Chandra Shakti TV
17933
post-template-default,single,single-post,postid-17933,single-format-standard,theme-bridge,bridge-core-2.7.8,woocommerce-no-js,qodef-qi--no-touch,qi-addons-for-elementor-1.2.2,qode-page-transition-enabled,ajax_fade,page_not_loaded,,columns-4,qode-theme-ver-26.3,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.6.0,vc_responsive,elementor-default,elementor-kit-1

Pondasi Jalan by Gede Agustapa

Pondasi Jalan by Gede Agustapa

Ada pertanyaan: kenapa pejalan spiritual jadi bingung di simpang jalan antara kesaktian dan kebijaksanaan.
Jawabannya: karena dasarnya kurang tepat, pondasinya belum sesuai. Itu kenapa penting sekali merenungkan ketidak kekalan. Ketidak kekalan dan penderitaan yang disebabkan oleh ketidak kekalan itu adalah pondasi utamanya. Jika pondasinya benar maka kemungkinan melencengnya sedikit.

Ketika ada teman-teman bertanya metode ini dan itu, saya selalu sarankan renungkan ketidak kekalan, renungkan perpisahan dengan yg dicintai, renungkan kematian orang orang yg kita cintai, renungkan kematian diri kita, renungkan tubuh yang membusuk, renungkan benda-benda kesayangan dan bangunan sebagai puing-puing, sebagai abu dan debu. Renungkan juga kelahiran kembali di alam rendah, menjadi babi, menjadi anjing, anjing yg kelaparan, sakit, tidak mendapat makanan, terlantar, lahir menjadi bekicot, dll. Renungkan kelahiran di alam hantu dan setan kelaparan yang menangis menderita hingga ribuan bahkan puluhan ribu tahun, tidak punya tempat tinggal, berwajah rusak dan berbau busuk. Renungkan kelahiran menjadi manusia cacat, sial, melarat, tidak mendapatkan makanan dan tempat tinggal yang layak, dengan kecerdasan yang sangat minim. Renungkan kelahiran di alam neraka yang disiksa dengan panas dan dingin yang ekstrim dan dengan berbagai rasa sakit yang tidak tertahankan.

Jika ini direnungkan dengan kuat, dengan sungguh-sungguh, maka tidak ada gunanya terpesona dengan berbagai kesaktian. Fokus kita satu-satunya pasti melompat ke luar dari lingkaran penderitaan di enam alam samsara secepat mungkin.
Jangan berpikir tentang penyatuan dengan semesta, dengan tuhan, atau pun berbicara tentang energi dan cakra-cakra terlebih dahulu. Lupakan itu, dan renungkan ketidak kekalan, karma, dan buahnya di kelahiran ini dan kelahiran selanjutnya. Ini dasar yang paling utama sebelum melangkah ke metode yang lain, pondasi dari jalan menuju pembebasan. Renungkan sampai sebulan atau 3 bulan.

Berlatihlah dengan tekun. Dan capai pembebasan di kehidupan ini juga. Ini kesempatan emas. Jangan sia-siakan.

Original Post by Gede Agustapa

No Comments

Post A Comment

Translate ยป