Loader
MENYEBAR by Gede Agustapa - Chandra Shakti | Personal Blog Untuk Berbagi Hal Positif
17890
post-template-default,single,single-post,postid-17890,single-format-standard,theme-bridge,bridge-core-2.7.8,woocommerce-no-js,qodef-qi--no-touch,qi-addons-for-elementor-1.2.2,qode-page-transition-enabled,ajax_fade,page_not_loaded,,columns-4,qode-theme-ver-26.3,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.6.0,vc_responsive,elementor-default,elementor-kit-1

MENYEBAR by Gede Agustapa

MENYEBAR by Gede Agustapa

Ketika orang Eropa datang ke benua Amerika mereka membawa bakteri yang menyebabkan orang asli benua Amerika terpapar wabah dan banyak yang mati. Kekebalan tubuh mereka belum mampu melawan bakteri baru yang dibawa oleh orang-orang Eropa. Tentu ada yang kuat dan tetap bertahan hidup. Dikatakan juga bahwa wabah adalah yang berkontribusi besar terhadap musnahnya peradaban orang asli Amerika selain juga pembantaian oleh orang-orang Eropa.
Burung Gereja bukan burung asli Indonesia. Burung Gereja adalah burung dari daratan Eropa yang ikut kapal-kapal dagang orang Eropa ke Nusantara. Sekarang burung Gereja mudah dijumpai di mana-mana menjadi hama yang invansif dan populasinya mengalahkan populasi burung emprit yang adalah burung asli Indonesia. Burung emprit kalah bersaing dengan burung gereja.
Padi, tembakau, kakao, vanili, pohon karet, kopi, adalah bukan tanaman asli Indonesia. Padi dari India asalnya. Tembakau, pohon karet, vanili dan kakao asalnya dari benua Amerika. Kelapa sawit asalnya dari Afrika. Spesies-spesies itu menyebar ke wilayah lain yang jaraknya jauh dibawa atau terbawa oleh manusia melalui kapal tradisional, kapal layar. Tidak lah secanggih kapal-kapal sekarang ini atau dengan pesawat terbang.

Sekarang hal seperti itu mudah sekali terjadi karena keterhubungan secara fisik mudah sekali. Termasuk juga dengan virus.
Selain virus fisik virus pikiran juga mudah sekali menyebar karena keterhubungan kita secara elektronik melalui internet. Terorisme atau ujaran kebencian juga mudah menyebar.
Keterhubungan ada sisi baiknya dan ada sisi buruknya. Sisi baiknya misalnya pertumbuhan ekonomi karena adanya arus barang, jasa, orang dan uang. Sisi buruknya juga ada misalnya penyebaran virus, bakteri atau berbagai penyakit, hama dan gulma yang ikut menyebar.
Jadi, Pandemi adalah sesuatu yang wajar adanya karena keterhubungan kita yang sangat tinggi. Dan mungkin hal seperti ini akan terus terjadi dan kita harus menyesuaikan dengan kenyataan ini.
Nanti ketika manusia sudah menjadi spesies interplanetari bisa saja virus atau penyakit-penyakit dari planet lain akan ada di bumi. Bisa saja..
Original Post by Gede Agustapa
No Comments

Post A Comment

Translate ยป